Langsung ke konten utama

Fenomena Demam Odoj Merebah Nusantara

Oleh: Afdhal Purnama | Odojer 432


One Day One Juz (ODOJ) adalah sebuah komunitas islami terbaru di era digital yang mulai soft launching pada november 2013, Gerakan odoj memberi konstribusi dalam memperkenalkan bagaimana menggunakan kecanggihan teknologi komunikasi di jalan yang diridhai oleh Allah SWT, odojer dalam aktivitasnya menggunakan dua aplikasi teknologi komunikasi terkemuka di kalangan remaja yaitu Blackberry Messanger (BBM) dan Whatsapp Messanger (WA)

ODOJ menjadi sebuah tren buat kalangan remaja untuk menyemangati mereka rutin membaca al-qur'an setiap hari satu juz, ini merupakan sebuah ide cemerlang mengajak orang-orang untuk kembali mendekatkan diri dengan al-qur'an di saat para remaja mulai terlelap dengan perkembangan teknologi.

Komunitas odoj mulai fenomenal ketika para artis-artis ternama Indonesia ikut bergabung mengukuti program membaca Al-Qur'an satu hari satu juz, bahkan beberapa di antara mereka menjadi maskot dan duta dari komunitas one day one juz. Ini menunjukkan semangat nuansa islami akan tumbuh bersama-sama dengan artis yang mulai ikut memberikan contoh keteladanan islam bagi fans mereka.

Saya dulu sempat berfikir tentang bagaimana efek dari penyiaran non faktual melalui media elektronik melalaikan pemirsa di seluruh nusantara, mengapa para artis muslim tidak mengambil peran dari popularitas mereka untuk membangkitkan semangat islam bagi masyarakat?

Tetapi sejak adanya odoj dan para artis ikut bergabung dengan masyarakat biasa dengan satu tujuan yang sama yaitu khatam al-qur'an setiap hari satu juz, maka ini memberikan titik terang tentang bagaimana cara-cara efektif untuk memberi semangat islam kepada generasi-generasi bangsa mengalihkan pandangan mereka dari layar kristal kepada kitab suci al-qur'an.

Hingga akhir dari tulisan ini saya ingin menyampaikan bahwa bagaimana sebuah teknologi komunikasi ketika dimasukkan nilai-nilai islam yang universal menjadikannya sebuah media pengikat ukhwah sebagaimana yang ditimbulkan oleh program odoj Indonesia yang menyatukan seluruh odojer nusantara dalam sebuah group yang setiap hari berinteraksi, saling peduli dan mengingati akan satu tujuan khatam 30 juz al-qur'an setiap bulan.

Tidak menutup kemungkinan odoj akan menjadi sebuah identitas nasional yang dengannya menimbulkan overlaping interest menghilangkan civil inattention secara global. Insya Allah

Grand Launching ODOJ di Masjid Istiqlal, Jakarta, Minggu (4/5/14)

Salam,
Twitter: @purnamadazzle

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perjalanan Menuju Ilmu

Oleh: Afdhal Purnama   Ilmu merupakan mata pencaharian berharga yang harus dituntut demi buah kebahagiaan dunia dan akhirat, perjalanan menuntut ilmu itu panjang, lama dan mahal, butuh kesabaran, keikhlasan, ketakwaan dan pengorbanan untuk mendapatkannya. Ilmu itu mata pencaharian yang mudah hilang dan terlupakan, ia begitu sensitif terhadap tingkat adab, ketakwaan dan kemaksiatan penuntut kepada Allah.

Era dan Tahap Perkembangan Teknologi Komunikasi | Review Book 3rd Task

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI Judul Buku: Teknologi Informasi dan Komunikasi Bab Review: Bab II Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Penulis: Y Maryono dan B. Patmi Istiana Penerbit: Yudhistira Tahun 2008 Direview oleh: Afdhal Purnama (411206532/Unit 2) Dalam buku ini dijelaskan sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi secara umum. Dikatakan umum karena ternyata teknologi informasi dan komunikasi bukan saja menyangkut peralatan komputer, tetapi semua peralatan yang digunakan oleh manusia untuk berkomunikasi menyampaikan informasi.

Teamwork Makes The Dream Work

Google Ilustration Oleh: Afdhal Purnama Awal November yang mulai mengering, setelah Oktober yang basah, bulan lalu memang sedikit hanyut oleh berbagai tragedi yang setiap hari menenggelamkan time line media sosial kita dengan berbagai musibah, bencana alam dan bencana buatan, beberapa daerah di tingkat lokal dan nasional diselimuti banjir, kebakaran, tanah longsor dan berbagai hal lainnya, tak kalah menyesakkan jiwa, 174 nyawa suporter sepak bola melayang dalam sebuah perhelatan liga 1 di kota bunga. Pembuka di atas sama sekali tidak ada hubungannya dengan tajuk dari nukilan ini, hanya sekedar catatan bulan lalu untuk i'tibar dan pengingat pribadi agar kejadiannya tidak luput ditelan jam dinding yang terus berputar. Sebagai salah seorang yang ekosistem kerjanya digambarkan dalam sebuah struktur organisasi tak ubahnya skema rantai makanan dalam buku pelajaran biologi, maka penulis ingin menukilkan beberapa hal ahwal sederhana yang barangkali menjadi inspirasi teman-teman dalam mem