Langsung ke konten utama

Mahasiswa Observasi Pengoperasian Sistem E-Kinerja Kantor Wali Kota Banda Aceh | Press Release 7th Task

OLEH: Afdhal Purnama | 411206532


Banda Aceh - Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunkasi UIN Ar-Raniry adakan kunjungan studi observasi pengoperasisan sistem ekinerja di lingkungan pemerintahan Kota Banda Aceh di aula kantor balai kota Banda Aceh, selasa (17/6).


Kegiatan yang didampangi oleh dosen pembimbing mata kuliah perkembangan teknologi komunikasi ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada mahasiswa sistem teknologi komunikasi yang diterapkan di lingkungan pemerintah Kota Banda Aceh untuk mempermudah pengawasan kinerja bawahan oleh atasan dan juga sebagai media transparansi pengelolaan keuangan oleh dinas-dinas terkait di lingkungan pemerintahan Kota Banda Aceh.

Maulidar Kabag. Pembangunan, mengatakan ekinerja mulai diterapkan di lingkungan internal pemerintahan Kota Banda Aceh sejak tahun 2011, "Ekinerja muncul karena ketidak adilan antara pegawai yang bekerja maksimal dan non maksimal, laporan pegawai terkesan ABS (Asal Bapak Senang)," ungkap moderator diskusi ekinerja itu.

Aplikasi EKinerja Kota Banda Aceh sudah diadopsi oleh 13 kota se-Indonesia dan dua kementerian nasional Indonesia, dan kota yang tidak menggunakannya masih memiliki aplikasi lain yang diterapkan dengan fungsi yang berbeda. 

Fadhli staf tim IT Wali Kota Banda Aceh, menjelaskan bahwa yang paling menarik dari Ekinerja ini adalah Tapkin (penetapan kinerja), dimana setiap pegawai instansi pemerintahan Kota Banda Aceh harus melaporkan secara online setiap pekerjaan yang telah ia laksanakan setiap harinya kepada atasan, baik pekerjaan itu telah tercantum dalam program kerja atau di luar program kerja, "Tabel persentase realisasi pekerjaan pegawai di-update setiap bulan dan dapat dilihat oleh masyarakat umum," ungkapnya.

Muhammad Syarif, Hakim konstitusi akhir Ekinerja menceritakan banyak hal kepada mahasiswa terkait pengalamannya selama menjadi hakim konstitusi akhir ekinerja, yaitu banyak sekali kritik-kritik tajam dan kontra pegawai di awal diberlakukannya ekinerja, "Ada yang datang kepada saya bawa anak itu semua saya tulis di dalam blog pribadi saya, jika tidak mau ada ekinerja silahkan pindah ke pemerintahan lain yang tidak memberlakukannya," ungkap dosen fakultas syari'ah UIN Ar-Raniry tersebut.[Afdp]

Foto bersama mahasiswa komunikasi dan penyiaran UIN Ar-Raniry, dosen pembimbing dan Muhammad Syarif, SH., MH, Hakim Konstitusi Akhir Ekinerja di Aula Gedung Balai Kota Banda Aceh. Selasa (17/6)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perjalanan Menuju Ilmu

Oleh: Afdhal Purnama   Ilmu merupakan mata pencaharian berharga yang harus dituntut demi buah kebahagiaan dunia dan akhirat, perjalanan menuntut ilmu itu panjang, lama dan mahal, butuh kesabaran, keikhlasan, ketakwaan dan pengorbanan untuk mendapatkannya. Ilmu itu mata pencaharian yang mudah hilang dan terlupakan, ia begitu sensitif terhadap tingkat adab, ketakwaan dan kemaksiatan penuntut kepada Allah.

Era dan Tahap Perkembangan Teknologi Komunikasi | Review Book 3rd Task

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI Judul Buku: Teknologi Informasi dan Komunikasi Bab Review: Bab II Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Penulis: Y Maryono dan B. Patmi Istiana Penerbit: Yudhistira Tahun 2008 Direview oleh: Afdhal Purnama (411206532/Unit 2) Dalam buku ini dijelaskan sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi secara umum. Dikatakan umum karena ternyata teknologi informasi dan komunikasi bukan saja menyangkut peralatan komputer, tetapi semua peralatan yang digunakan oleh manusia untuk berkomunikasi menyampaikan informasi.

Teamwork Makes The Dream Work

Google Ilustration Oleh: Afdhal Purnama Awal November yang mulai mengering, setelah Oktober yang basah, bulan lalu memang sedikit hanyut oleh berbagai tragedi yang setiap hari menenggelamkan time line media sosial kita dengan berbagai musibah, bencana alam dan bencana buatan, beberapa daerah di tingkat lokal dan nasional diselimuti banjir, kebakaran, tanah longsor dan berbagai hal lainnya, tak kalah menyesakkan jiwa, 174 nyawa suporter sepak bola melayang dalam sebuah perhelatan liga 1 di kota bunga. Pembuka di atas sama sekali tidak ada hubungannya dengan tajuk dari nukilan ini, hanya sekedar catatan bulan lalu untuk i'tibar dan pengingat pribadi agar kejadiannya tidak luput ditelan jam dinding yang terus berputar. Sebagai salah seorang yang ekosistem kerjanya digambarkan dalam sebuah struktur organisasi tak ubahnya skema rantai makanan dalam buku pelajaran biologi, maka penulis ingin menukilkan beberapa hal ahwal sederhana yang barangkali menjadi inspirasi teman-teman dalam mem