Langsung ke konten utama

Era dan Tahap Perkembangan Teknologi Komunikasi | Review Book 3rd Task


PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI
Judul Buku: Teknologi Informasi dan Komunikasi
Bab Review: Bab II Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Penulis: Y Maryono dan B. Patmi Istiana
Penerbit: Yudhistira Tahun 2008
Direview oleh: Afdhal Purnama (411206532/Unit 2)

Dalam buku ini dijelaskan sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi secara umum. Dikatakan umum karena ternyata teknologi informasi dan komunikasi bukan saja menyangkut peralatan komputer, tetapi semua peralatan yang digunakan oleh manusia untuk berkomunikasi menyampaikan informasi.


Menurut Rogers (1968) Era Teknologi Komunikasi itu dibagi menjadi empat, yaitu:

1. Komunikasi Tulisan

Era komunikasi tulisan ditandai ketika masyarakat zaman pra sejarah mulai menggunakan simbol-simbol atau gambar-gambar tertentu yang memiliki suatu makna tertentu yang diukir pada bebatuan, tulang belulalang, dedaunan, kulit pohon, dll. Namun era komunikasi tulisan tidak berhenti di sana namun terus berlanjut hingga zaman sekarang dengan penggunaan simbol-simbol komunikasi yang lebih modern dan mudah dipahami.

 2. Komunikasi Cetak

Era komunikasi cetak ditandai dengan ditemukannya mesin press oleh Gunternberg, namun diawal penggunaannya masih banyak kekurangan sebelum akhirnya digunakan sebagai pencetak surat kabar New York Sun hingga kemudian kemudahan penggunaannya mulai dirasakan dan perkembangannya terus berlanjut.

3. Komunikasi Teknologi

Era ini ditandai dengan ditemukannya telepon oleh Alexander Graham Bell, di era ini manusia mulai menunjukkan ketergantungannya kepada kebutuhan teknologi. 

4.Komunikasi Telematika

Di Era Komunikasi Telematika sistem teknologi komunikasi mulai digabungkan dengan teknologi informasi yang kemudian dikenal dengan sistem teknologi digital, semua alat teknologi mulai berubah dengan hanyan menggunakan digit-digit tertentu namun dapat berkomunikasi dengan mudah dan bisa beinteraksi dengan cara yang lebih luas.




Periode perkembangan teknologi komunikasi dibagi menjadi tiga masa, yaitu masa pra sejarah, masa sejarah dan masa modern.

1. Masa Pra Sejarah

Pada periode ini manusia mulai mencoba menggunakan teknologi kominikasi berupa gambar pengalaman kehidupan mereka di dinding-dinding goa, dan juga telah mampu menggunakan bahasa-bahsa isyarat berupa tepuk tangan, dengusan, genderang, terompet, asap, dll.

2. Masa Sejarah

Masa sejarah ini ditandai dengan ditemukannya kertas pada tahun 105 Masehi oleh Bangsa Cina, dan menjadi cikal bakal kertas saat ini, pada masa sejarah ini juga telah muncul teknologi percetakan menggunakan blok kayu yang dilumuri tinta dan dicapkan pada kertas.

3. Masa Modern

Di masa modern ini telah muncul beragam teknologi komunikasi yang sangat canggih dan mudah dalam penggunaannya, namun ada beberapa penemuan penting di awal kemunculan masa teknologi komunikasi modern, yaitu seperti:
  • Mesin Cetak (tahun 1455)
  • Analytical Machine (tahun 1830)
  • Telegraf dan Kode Morse (tahun 1837)
  • Film Pertama (tahun 1861)
  • Pesawat Telepon dan Fotografi (tahun 1877)
  • Pita Penyimpan Magnetis (tahum 1899)
  • TV Tabung (Tahun 1923)
  • Media Penyimpan Magnetik Tipe (Tahun 1940)
  • Hypertext (tahun 1945) 
  • Komputer Digital Pertama (Tahun 1946)
  • Transistor (Tahun 1948)
  • Transistor Planar (Tahun 1957)
  • Jaringan Komputer Disentralisasi (Tahun 1962)
  • Jaringan Komputer Pertama di AS (Tahun 1969)
  • Program e-mail (Tahun 1972)
  • Internet (Tahun 1973)
  • Tahun 1999 - sekarang. Perusahaan CERN mengembangkan sistem bisnis dalam bidang IT untuk pertama kali. Selain itu diperkenal pula istilah Wold Wide Web (WWW) yang terus berkembang melahirkan berbagai kemudahan dalam teknologi berkomunikasi hingga saat ini.

Salam,
Twitter: @purnamadazzle



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perjalanan Menuju Ilmu

Oleh: Afdhal Purnama   Ilmu merupakan mata pencaharian berharga yang harus dituntut demi buah kebahagiaan dunia dan akhirat, perjalanan menuntut ilmu itu panjang, lama dan mahal, butuh kesabaran, keikhlasan, ketakwaan dan pengorbanan untuk mendapatkannya. Ilmu itu mata pencaharian yang mudah hilang dan terlupakan, ia begitu sensitif terhadap tingkat adab, ketakwaan dan kemaksiatan penuntut kepada Allah.

Teamwork Makes The Dream Work

Google Ilustration Oleh: Afdhal Purnama Awal November yang mulai mengering, setelah Oktober yang basah, bulan lalu memang sedikit hanyut oleh berbagai tragedi yang setiap hari menenggelamkan time line media sosial kita dengan berbagai musibah, bencana alam dan bencana buatan, beberapa daerah di tingkat lokal dan nasional diselimuti banjir, kebakaran, tanah longsor dan berbagai hal lainnya, tak kalah menyesakkan jiwa, 174 nyawa suporter sepak bola melayang dalam sebuah perhelatan liga 1 di kota bunga. Pembuka di atas sama sekali tidak ada hubungannya dengan tajuk dari nukilan ini, hanya sekedar catatan bulan lalu untuk i'tibar dan pengingat pribadi agar kejadiannya tidak luput ditelan jam dinding yang terus berputar. Sebagai salah seorang yang ekosistem kerjanya digambarkan dalam sebuah struktur organisasi tak ubahnya skema rantai makanan dalam buku pelajaran biologi, maka penulis ingin menukilkan beberapa hal ahwal sederhana yang barangkali menjadi inspirasi teman-teman dalam mem