Langsung ke konten utama

Jurnal Perkembangan Teknologi Percetakan dan Kaitannya dengan Islam | 4th Task


Perkembangan Teknologi Komunikasi
Judul Artikel Jurnal: Eksistensi Media Cetak di Era Modern
Direview oleh: Afdhal Purnama (411206532/Unit 2)


EKSISTENSI MEDIA CETAK DI ERA MODERN

Dalam jurnal yang ditulis oleh Adam Rahdian ini mengkaji tentang Fase perkembangan komunikasi manusia yang mulai mencapai titik terang saat bangsa Cina berhasil menemukan kertas sebagai media komunikasi pada tahu 105 M.

Internet yang mudah diakses saat ini merupakan buah hasil jerih payah manusia dalam mengembangkan komunikasi. Namun tidak dapat dipungkiri, bahwa perkembangan signifikan terjadi saat manusia menemukan media cetak sebagai sarana berkomunikasi.

Media cetak telah berperan penting dalam peradaban manusia sejak pertama kali ditemukannya mesin cetak pada tahun 1455 oleh Gutternberg. Berbagai peristiwa bersejarah tak lepas dari pengaruh media cetak. Perang Dunia II pada tahun 1939 banyak mengikutsertakan media cetak di dalamnya. Media cetak digunakan sebagai sarana propaganda.

Banyak negara yang terlibat perang menggunakan media cetak berupa koran dan selebaran untuk mempengaruhi pihak kawan maupun lawan. Sangat efektif. Sehingga akhirnya banyak pihak yang mengusung perdamaian karena terpengaruh konten dalam media cetak tersebut.

Peran media cetak pada saat itu sangat vital. Hingga Napoleon Bonaparte mengatakan, wartawan itu cerewet, pengecam, penasihat, pengawas, penguasa, dan guru bangsa. Empat surat kabar musuh lebih aku takuti daripada seribu bayonet (Rakhmat,1993:21).

Indonesia turut merasakan pengaruh luar biasa dari adanya media cetak. Zaman penjajahan —yang keras dan ganas— dapat dikalahkan dengan ‘’peluru’’ kata-kata yang terdapat dalam media cetak. Para elit politik dan pemimpin menyuarakan semangat mereka dan mengajak seluruh rakyat melawan penjajah yang disebarkan melalui media cetak. Hasilnya tepat. Indonesia bersatu; Indonesia bangkit; Indonesia melawan para penjajah dan mengusir mereka dari negeri tercinta.

Media cetak juga turut menyumbangkan perannya dalam reformasi. Turunnya Presiden Soeharto dari kursi kepemimpinannya tak lepas dari pengaruh media cetak. Para wartawan gencar ‘menyerang’ pemerintah lewat koran pagi dan sore. Mahasiswa melontarkan kata-kata perjuangan yang disuarakan lewat media cetak. Rakyat Indonesia membaca. Semua sadar dan terhentak. Dan ajakan lewat media cetak itu membawa Indonesia pada gerbang reformasi.

Teknologi media cetak terus berubah menjadi bentuk yang lebih baik dari masa ke masa, dengan sajian yang lebih mudah dan praktis seperti banyak kita temukan di era modern ini.

Namun menurut analisis bacaan reviewer dari referensi yang berbeda, yaitu di dalam buku teknologi komunikasi dan informasi yang ditulis oleh Y. Maryono dan B. Patmi Istiana menyebutkan bahwa pada masa sejarah juga telah muncul teknologi percetakan menggunakan blok kayu yang dilumuri tinta dan dicapkan pada kertas dan ini jauh sebelum mesin cetak era modern ditemukan.

Salam,
Twitter: @purnamadazzle


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perjalanan Menuju Ilmu

Oleh: Afdhal Purnama   Ilmu merupakan mata pencaharian berharga yang harus dituntut demi buah kebahagiaan dunia dan akhirat, perjalanan menuntut ilmu itu panjang, lama dan mahal, butuh kesabaran, keikhlasan, ketakwaan dan pengorbanan untuk mendapatkannya. Ilmu itu mata pencaharian yang mudah hilang dan terlupakan, ia begitu sensitif terhadap tingkat adab, ketakwaan dan kemaksiatan penuntut kepada Allah.

Era dan Tahap Perkembangan Teknologi Komunikasi | Review Book 3rd Task

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI Judul Buku: Teknologi Informasi dan Komunikasi Bab Review: Bab II Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Penulis: Y Maryono dan B. Patmi Istiana Penerbit: Yudhistira Tahun 2008 Direview oleh: Afdhal Purnama (411206532/Unit 2) Dalam buku ini dijelaskan sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi secara umum. Dikatakan umum karena ternyata teknologi informasi dan komunikasi bukan saja menyangkut peralatan komputer, tetapi semua peralatan yang digunakan oleh manusia untuk berkomunikasi menyampaikan informasi.

Teamwork Makes The Dream Work

Google Ilustration Oleh: Afdhal Purnama Awal November yang mulai mengering, setelah Oktober yang basah, bulan lalu memang sedikit hanyut oleh berbagai tragedi yang setiap hari menenggelamkan time line media sosial kita dengan berbagai musibah, bencana alam dan bencana buatan, beberapa daerah di tingkat lokal dan nasional diselimuti banjir, kebakaran, tanah longsor dan berbagai hal lainnya, tak kalah menyesakkan jiwa, 174 nyawa suporter sepak bola melayang dalam sebuah perhelatan liga 1 di kota bunga. Pembuka di atas sama sekali tidak ada hubungannya dengan tajuk dari nukilan ini, hanya sekedar catatan bulan lalu untuk i'tibar dan pengingat pribadi agar kejadiannya tidak luput ditelan jam dinding yang terus berputar. Sebagai salah seorang yang ekosistem kerjanya digambarkan dalam sebuah struktur organisasi tak ubahnya skema rantai makanan dalam buku pelajaran biologi, maka penulis ingin menukilkan beberapa hal ahwal sederhana yang barangkali menjadi inspirasi teman-teman dalam mem