Langsung ke konten utama

Fenomena Facebook: Keterlibatan Teknologi Komunikasi dalam Perkembangan Komunikasi Manusia | Jurnal's Resume 2nd Task



Perkembangan Teknologi Komunikasi
Judul Jurnal: Fenomena Facebook: Keterlibatan Teknologi   
                       Komunikasi dalam Perkembangan Komunikasi Manusia
Penulis: Agustina Zubair*
Direview Oleh: Afdhal Purnama (411206532/Unit 2)


Jurnal Aspikom yang diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta ini mengulas tentang fenomena facebook terkait dengan keterlibatan teknologi komunikasi dalam perkembangan komunikasi manusia.

Facebook adalah situs web jejaring sosial yang diluncurkan oleh Mark Zuckerberg pada 4 Februari 2004, seorang lulusan Harvard University dan mantan murid Ardsley High School. Keanggotaan facebook pada awalnya dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah dan wilayah Boston. Hingga Juli 2007, situs ini memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia.

Facebook dalam perkembangannya seakan-akan menjadi suatu keharusan. Karena hal ini memperlihatkan bahwa seseorang itu eksis baik di dunia nyata maupun di dunia maya. Dengan facebook orang bisa terhubung dengan orang lain yang tidak diketahui rimbanya.

Dalam jurnal ini disebutkan beberapa fenomena positif dan fenomena negatif yang ditimbulkan facebook di dalam kehidupan masyarakat, diantaranya:
  1. Fenomena Positif
a.  Facebook dapat menghubungkan kita dengan sejumlah orang yang tidak dapat kita jumpai di dunia nyata

b. Facebook mempermudah usaha kita bertemu dengan teman-teman lama

c.  Kisah-kisah pribadi yang biasanya hanya menjadi bahan pembicaraan secara personal atau kelompok dan biasanya tatap muka, bisa dipublis dan menjadi masalah bersama.

d. Hubungan antar personal menjadi tidak ada lagi jarak dan berlangsung secara terbuka.


    2. Fenomena Negatif


a.  Ruang pribadi tidak bisa lagi kita tutupi, jika kita sudah klik membuka akun kita di facebook dan bergabung dengan ratusan teman-teman kita yang lain.

b.   Efek fatal dari facebook adalah seorang suami di Inggris tega membunuh istrinya sendiri hanya gara-gara, sang istri menulis status lajang dalam data pribadinya di facebook, Ternyata suaminya tidak terima istrinya yang jelas-jelas berstatus married dengannya mengaku lajang

Inilah jaman baru, zaman yang merevolusi cara orang berkomunikasi dan berjejaring. Permasalahan yang diungkapkan oleh Yaple dan Korzenny tentang perkembangan teknologi baru dari penyiaran yang mengunakan satelit dan sistem informasi yang berbasis jaringan computer. Telah mencapai tingkat teknologi tinggi dalam bentuk situs web jejaring sosial facebook. Teknologi ini telah menisbikan ruang, waktu dan batas sosial. Komunikasi terjalin sedemikian intens dalam kesunyian, tanpa suara. Keriuhan komunikasi jutaan orang di dunia berlangsung riuh dalam aneka simbol.

Namun menurut analisis saya masih sangat banyak fenomena-fenomena lain yang ditimbulkan oleh facebook dalam kehidupan masyarakat, bahkan pada dewasa ini orang-orang lebih banyak berinteraksi dengan orang-orang yang jauh di rimba sana dibanding dengan  orang-orang yang duduk semeja dengan mereka.


*Photo Source: Google Ilustration

Salam,
Twitter: @purnamadazzle

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perjalanan Menuju Ilmu

Oleh: Afdhal Purnama   Ilmu merupakan mata pencaharian berharga yang harus dituntut demi buah kebahagiaan dunia dan akhirat, perjalanan menuntut ilmu itu panjang, lama dan mahal, butuh kesabaran, keikhlasan, ketakwaan dan pengorbanan untuk mendapatkannya. Ilmu itu mata pencaharian yang mudah hilang dan terlupakan, ia begitu sensitif terhadap tingkat adab, ketakwaan dan kemaksiatan penuntut kepada Allah.

Era dan Tahap Perkembangan Teknologi Komunikasi | Review Book 3rd Task

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI Judul Buku: Teknologi Informasi dan Komunikasi Bab Review: Bab II Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Penulis: Y Maryono dan B. Patmi Istiana Penerbit: Yudhistira Tahun 2008 Direview oleh: Afdhal Purnama (411206532/Unit 2) Dalam buku ini dijelaskan sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi secara umum. Dikatakan umum karena ternyata teknologi informasi dan komunikasi bukan saja menyangkut peralatan komputer, tetapi semua peralatan yang digunakan oleh manusia untuk berkomunikasi menyampaikan informasi.

Teamwork Makes The Dream Work

Google Ilustration Oleh: Afdhal Purnama Awal November yang mulai mengering, setelah Oktober yang basah, bulan lalu memang sedikit hanyut oleh berbagai tragedi yang setiap hari menenggelamkan time line media sosial kita dengan berbagai musibah, bencana alam dan bencana buatan, beberapa daerah di tingkat lokal dan nasional diselimuti banjir, kebakaran, tanah longsor dan berbagai hal lainnya, tak kalah menyesakkan jiwa, 174 nyawa suporter sepak bola melayang dalam sebuah perhelatan liga 1 di kota bunga. Pembuka di atas sama sekali tidak ada hubungannya dengan tajuk dari nukilan ini, hanya sekedar catatan bulan lalu untuk i'tibar dan pengingat pribadi agar kejadiannya tidak luput ditelan jam dinding yang terus berputar. Sebagai salah seorang yang ekosistem kerjanya digambarkan dalam sebuah struktur organisasi tak ubahnya skema rantai makanan dalam buku pelajaran biologi, maka penulis ingin menukilkan beberapa hal ahwal sederhana yang barangkali menjadi inspirasi teman-teman dalam mem